Pages

Friday 16 March 2018

Blockchain !! Menambang Cryptocurrency dan Masternode

    

    Teknologi cryptocurrency dengan sistem blockchain ini membuat para penggemar teknologi memanfaatkannya untuk mencari keuntungan uang. Saya termasuk orang yang memanfaatkan teknologi blockchain sistem dari cyptocurrency ini untuk mendapatkan keuntungan yg cukup tinggi. Belum banyak orang yg mengetahui manfaat mencari uang dari teknologi blockchain ini. cara mendapatkan keuntungan dari blockchain ini misalnya sebagai penambang dan masternode. Berikut ini saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu blockchain, miner, masternode dan bagai mana cara mendapatkan keuntunganya

1. Blockchain

    Blockchain adalah sebuah catatan buku besar yang menggambarkan transaksi dari mata uang digital cryptocurrency yang dapat dilihat secara umum namun pengirim dan penerima bersifat anonim. Di dalam blockchain ini biasnya terdapat para penjual atau pembeli cryptocurrency, para penambang cryptocurrency, masternode, server dan lainnya. Teknologi blockchain ini membuat sistem peredaran mata uang digital atau cryptocurency ini tidak terpusat. Beda dengan bank komersil atau lembaga lainnya yang menyimpan data keuangan yang terpusat pada suatu buku besar.  

2. Penambang Cryptocurrency

      Penambang cryptocurrency yang juga merupakan bagian dari blockchain ini bertugas mencatat transaksi / transfer cryptocurrency yang lalu lalang. Setiap transaksi yang lewat ini akan dicatat oleh penambang dan disimpan dalam sebuah block baru. block ini sifatnya terbuka dan dapat dilihat oleh semua orang namun pengirim dan penerima cyptocurrency bersifat anonim. Berkat penambang ini cryptocurrency dapat di distribusikan keliling dunia dengan cepat dan mudah. 
       Bagaimana cara mendapatkan uang dengan cara menambang cryptocurrency ? saya sendiri sebenarnya ada seorang penambang cryptocurrency. menambang cryptocurrency cukuplah mudah, hanya dengan modal sebuah PC dengan spesifikasi yang cukup  tinggi. Spesifikasi PC yang cukup tinggi ini diperlukan untuk mencatat dan membaut block baru dari transaksi cryptocurrency yang lalu lalang, dan setiap transaksi makan kita akan diberikan reward. Misanya si A ingin mentrasfer uangnya ke si B, maka saya sebagai miner akan mencatat transaksi mereka diblockchain dan saya akan mendapatkan reward. sebagai besar orang menggunakan Graphic card untuk menambang cryptocurrency. Sebenarnya ada juga alat yang memang khusus dibuat untuk menambang cryptocurrency yaitu ASIC miner, namun harganya sangatlah tinggi.
           Spesifikasi yang saya gunakan untuk menambang cryptocurrency adalah sebagai berikut : 



    Prosesor : Intel Core i3 7100 3,9 Ghz
    VGA       : Geforce 1080 TI 11 GB
                      Geforce 1050 TI 4 GB
    RAM       : 8 GB DDR 4
    

    Dengan spesifikasi seperti diatasa saya melakukan penambangan cryptocurrency bitcoin dan memperoleh keuntungan 30 rb - 180 rb/ hari.    

3. Masternode

       Masternode merupakan salah satu bagian dari blockchain. Masternode ini merupakan server yang berfungsi untuk menstabilkan blockchain dan menjalankan fitur privasi. tidak semua cryptocurrency mendukung sistem masternode itu, hanya beberapa cryptocurrency saja misalnya Dash, Zcoin, Smartcash, PIVX, Omega danlainnya. Cryptocurrency yang membutuhkan masternode merupakan cryptocurrency yang memiliki teknologi lebih, misalnya Zcoin yang dapat menghapus history transaksi. Masternode merupakan blockchain kedua dari cryptocurrency, jika blockchain pertama itu diperuntukan untuk transfer cryptocurrency yang di handle oleh miner maka blockchain kedua ini dihandle oleh masternode. 
      Saya sendiri sebenrnya ingin membangun PC server masternode karena mendapatkan keuntungan yang sangat luar biasa dengan membangun sistem masternode ini tapi saya belum kesampaian untuk membangun masternode ini. Diperlukan modal yang cukup tinggi untuk membangun sebuah masternode.
       Bagaimana cara membuat masternode dan memperoleh keuntungannya ? masternode itu membutuhkan sebuah PC dengan spesifikasi minimal Ram 1 GB , HDD diatas 20 GB free dan sebuah koneksi internet dengan Ipv4 static. Masing masing cryptocurrency memiliki ketentuan yang berbeda untuk membangun masternode, bisa dicek di masing masing website dari cryptocurrency tersebut. Setelah memiliki PC dengan spesifikasi tersebut maka hal yang perlu dilakukan berikutnya adalah menentukan cryptocurrency yang akan kita jalankan masternodenya. Misalnya Zcoin, Zcoin ini membutuhkan sebuah PC dengan spek Ram 1 GB , HDD free 20 GB, Internet IP static dan 1000 Zcoin yanng disimpan dalam dompet zcoin kita. 1000 zcoin ini akan dilock selamat 1 tahun sebagai jaminan (1000 zcoin tetap menjadi milik kita, itu hanya dilock untuk jaminan). Lalu jalankan masternode menggunakan PC kita tersebut. untuk setting masternode zcoin bisa dibaca >>disini
         PC kita akan menjadi sebuah PC server untuk menstabilkan jaringan blockchain Zcoin dan kita akan mendapatkan reward 1 Zcoin tiap harinya setara dengan 600 rb / hari. jadi estimasi modal untuk membangun Zcoin masternode yaitu , 1000 Zcoin = 600 jtan (untuk dilock sebagai jaminan). dan kita akan mendapatkan reward sebesar 600 rb sehari, setelah 1 tahun makan 1000 zcoin tersebut bisa kita jual kembali.
     Tidak hanya zcoin sebenarnya masih banyak jenis cryptocurrency yang membutuhkan masternode, mulai dari modal 150 rb hingga ratusan juta. untuk melihat cryptocurrency yang membutuhkan masternode bisa dilihat di masternodes.online.com  . Semoga saya bisa membangun masternode kedepannya. dan kita bisa memanfaatkan teknologi blockchain ini untuk masa depan keuangan kita bersama sekian dan terimakasih.

0 comments: