Pages

Saturday 3 March 2018

Saya dan Cryptocurrency



    Ditulisan ini saya akan berbagi pengalaman saya selama mengenal Cryptocurrency. Saya akan menjelaskan dan memaparkan pengalaman saya di dunia cryptocurrency dengan menggunakan bahasa saya yg mungkin tidak baku agar mudah lebih di mengerti.sebelum menceritakan pengalaman saya dengan cryptocurrency, saya akan sedikit menjelaskan cryptocurrency tersebut terlebih dahulu agar pembaca disini tidak bingung apa itu cryptocurrency

 (Penjelasan disni bukan bermaksud promosi, mendoktrin tentang cryptocurrency. bukan juga pamer ilmu atau pamer asset kekayaan, cuma ingin berbagi Pengetahuan dan Pengalaman)

Apa itu Cryptocurrency ? 

    Cryptocurrency menurut pandangan saya adalah sebuah mata uang digital yang memiliki teknologi cryptografi dan blockchain yang dengan tingkat keamanan yg cukup tinggi sehingga cryptocurrency susah untuk dibajak atau dipalsukan. Orang orang lebih mengenal cryptocurrency ini dengan sebutan "BITCOIN", padahal bitcoin ini merupakan salah satu produk atau jenis dari cryptocurrency (Seperti orang orang mengenal air mineral dengan sebutan AQUA, Mie Instan dengan sebutan Indomie, pasta gigi dengan sebutan odol). Bitcoin merupakan cryptocurrency pertama di dunia yg diciptakan oleh SATOSHI NAKAMOTO (Nama samaran) yang belum terungkap sampai detik ini siapa itu tuan Satoshi Nakamoto yg telah menciptakan teknologi yang luar biasa dan berkembang pesat ini. 
   Jenis jenis crypotocurrency itu sangat banyak mungkin sampai puluhan bahkan ratusan ribu. Sekarang negara negara, perusahaan-perusahaan, bahkan komunitas berlomba lomba menciptakan teknologi mata uang digital atau yg disebut dengan cryptocurrency ini. Jenis jenis cryptocurrency yg cukup terkenal yaitu Bitcoin, Ethereum, Ripple, Bitcoin Cash, Zcoin, Dash, Stellar, Doge dan lainnya. Di Indonesia juga punya cryptocurrency buatan anak bangsa yaitu Tokenomy dan sebenarnya masih banyak cryptocurrency buatan Indonesia sendiri. 

Apa fungsi dan kelebihan dari Cryptocurrency ? 

    Fungsi dari cryptocurrency ini ada banyak, bahkan masing masing mata uang digital ini memiliki fungsi dan kelebihan yang berbeda beda. Pengembang mata uang digital  atau cryptocurrency ini memang sengaja berinovasi dengan teknologi yang menarik agar cryptocurrency ciptaanya banyak peminatnya. Fungsi umum dari cryptocurrency akan saya jabarkan sebagai berikut.

1. Transfer uang keseluruh dunia dengan mudah, murah dan cepat
Dengan adanya cryptocurrency ini kita jadi lebih mudah transfer uang ke mana saja dengan sangat cepat tanpa pihak ketiga seperti bank, paypal dan lain lain. Transfer ini menggunakan sistem peer to peer dan transfer yang kita lakukan itu direkam dengan teknologi blockchain.

2. Investasi jangka panjang
   Banyak orang yang menginvestasikan uangnya dengan asset cryptocurrency termasuk saya. Investasi ini layaknya investasi emas dan tanah, bedanya di cryopto ini harga lebih cepat bergeraknya. Orang orang yakin dan percaya cryptocurrency dengan teknologi blockchain ini suatu saat nanti bakal menjadi teknologi keuangan terbesar dan terbaik di seluruh dunia. cryptocurrency ini sifatnya terbatas, maka dari itu orang orang mulai membeli dari sekarng sehingga suatu saat nanti jika orang membutuhkan crypto si pemegang crypto bisa menjual dengan harga yang tinggi. Harga cryptocurrenc y dari tahun ke tahun selalu mengalamik peningkatan yg cukup baik. Bitcoin yang dulunya seharga sekitar Rp. 150.000- 200.000 naik drastis menjadi Rp. 155.000.000 (3 maret 2018). bahkan pada akhir tahun 2017 Bitcoin sempat menyentuh harga Rp. 290.000.000. Harga cryptocurrency yang naik pesat ini terjadi karena orang mulai berlomba lomba membeli mata uang uang digital ini. 
    Orang membeli cryptocurrency bukan hanya karena ingin invest saja, tapi ingin mencicipi teknologi dan bahkan mengutak ngatik koin ini untuk menciptakan koin atau teknologi baru. mata uang digital ini banyak yang bersifat opensource maka dari itu para programmer ya tangannya gatel banyak yg membeli cryptocurrency ini dengan harga yang cukup tinggi hal itu juga mungkin yang menyebabkan harga cryptocurrency sering naik.

3. Cryptocurrency memiliki kelibahn yang luar biasa
    Ada banyak jenis cryptocurrency di dunia ini dan masing masing cryptocurrency ini memiliki kelebihan yang sangat menarik. Contohnya Cryptocurrency tertua Bitcoin merupakan cryptocurrency yang menggunakan sistem blockchain pertama dan kita bisa transfer uang menggunakan bitcoin keseluruh dunia. Adalagi mata uang yang namanya Ripple, Ripple ini juga bisa transfer uang seperti Bitcoin tapi Ripple ini jauh lebih cepet untuk melakukan transfer uang. Zcoin juga merupakan salah satu crypto yang bisa transfer uang kelesuruh dunia, tapi kelebihan Zcoin ini cukup unik, History yang kita lakukan dengan Zcoin seperti berbelanja, transfer dan lainnya bisa dihilangkan. Kita bisa tetap menjaga kerahasiaan identitas kita dengan aman menggunakan koin ini. Dan masih banyak kelebihan cryptocurrency lainnya

Bagaimana cara mendapatkan cryptocurrency ?  

 Cara mendapatkan cryptocurrency itu ada dua, cara pertama yaitu membelinya di pasar dan menambang cryptocurrency.

1. Membeli di pasar 

Membeli di pasar layakinya membeli di Tokopedia atau bukalapak (Online), ada yg menjual cryptocurrency ada yang membeli. Penjual crypto harganya beda beda, jika ingin membeli tinggal klik beli, jika dikira harganya kemahalan ya tunggu sampai ada yang jual murah. Pasar pasar crypto  onlineini sudah tersebar diseluruh belahan dunia seperti Amerika, Indonesiam CHina dan lain lain. Contoh pasar cryptocurrenccy ini seperti : bittrex.com (USA), Poloneix (inggris), Vip.bitcoinindonesia.com ( Indonesia) dan lain sebagainya

2. Menambang Cryptocurrency

Menambang Cryptocurrency  ini saya kasih contoh/kasus mudahnya saja sebagai berikut :

- Pak Kepala Desa (Sistem)
- Bendahara Desa (Penambang mata uang digital)
- Warga Desa (Para trader, pelaku jual beli dan lan lain)

Pak kepala Desa (sistem) menetapkan  uang bulanan kepada warganya. tentunya pak kepala desa meminta tolong kebendahara (Penambang Cryptocurrency) untuk mencatat membuatkan arsip setiap sumbangan yang diberikan oleh warga. setiap warga memberikan sumbangan dicatat oleh Bendahar (Penam,bang cryptocurrency) lalu pak kepala desa (sistem) memberikan upah ke bendahara desa(Penambang cryptocurrency )kurang lebih begitulah,penambang akan mencatat dan akan diberikan upah.

Pengalaman saya di dunia Cryptocurrency

1. Pertama mengenal Cryptocurrency 

    Pertama kali saya mengenal cryptocurrency yaitu pada tahun 2015 oktober. Saya mengenal cryptocurrency saat saya mengikuti sebuah lomba animasi yg diselenggarakan online oleh perusahaan Animasi di USA yang berhadiah uang sebesar 1000 USD yg ditransfer menggunakan Bitcoin. Semenjak itu saya membuat akun wallet di VIP Indonesia untung menyimpan Bitcoin tersebut tapi sayangnya saya gagal memenangkan lomba animasi tersebut. Sayapun mencari tau apa itu bitcoin dan apa fungsinya di google.com, saya pun dibuat takjub dengan teknologi yang dimiliki Bitcoin. Pada saat itu harga bitcoin kalau ga salah di harga 2- 3 jtan / keping. Dan saya pun tidak pernah membuka informasi tentang Bitcoin setelah itu.
      Dua tahun berselang yaitu di tahun 2017 saya sangat kaget harga bitcoin yang tadinya 3 jt perkeping melonjak menjadi harga 20 jtan perkeping. Saya masih memantau dan memantau belum berani membeli cyptocurrency pada saat itu karena belum begitu mengerti teknologinya, saya menggali informasi di youtube dan di google berminggu minggu tentang cryptocurrency. beberapa bulan kemudia sayapun membuka kembali perkembangan Cryptocurrency dan benar saja Bitcoin dan kawan kawan makin meningkat pesat, Bitcoin yang tadinya harga 20jtan per keping menjadi 50 jtan perkeping. Saya mulai mengaktifkan kembali akun Cryptocurrency saya di VIP Bitcoin Indonesia dan setelah saya buka market VIP Bitcoin Indonesia ternyata sudah ada banyak jenis cryptocurrency yang di jual disana selain BITCOIN seperti Ethereum, Ethereum Classic,  Lite Coin, Zcoin dan lainnya.

2. Mulai berinvestasi dengan Zcoin dan memenangkan sebuah lomba berhadiah Zcoin
   
          Sebelum saya membeli sebuah cryptocurrency untuk investasi terlebih dahulu saya membaca kelebihan dari masin masing cryptocurrency yang ada pada pasar Indonesia saat itu. Saya membuka google dan membuka website masing masing cryptocurrency tersebut mulai dari Ethereum, Ripple, Zcoin dan lainnya. Pilihan saya jatuh pada Zcoin, saya menginvestasikan uang saya ke zcoin sebesar Rp. 950.000 (Sembilan Ratus Lima Puluh Ribu). pada saat itu saya membeli Zcoin dengan harga Rp. 89.500 / keping dengan uang saya 950 rb jadi saya dapat sekitar (10,8 Zcoin). Saya mempercayai Zcoin karena mempunya teknologi yang canggih dan mempunyai visi misi yang sangat bagus. Zcoin mampu menghilangkan history transaksi yang telah dilakukan.ZCoin juga merupakan cryptocurrency opensource yang memiliki dua layer (ZCoin = bagian luar dan Zero Coin = bagaian dalam). Sayapun berpikiran kedepannya pasti banyak yang akan membeli koin ini. Selain itu zcoin juga mempunyai sistem Znode, kalau saya jelaskan tentang Znode disini agak panjang, silahkan browsing Znode di google sendiri :)
     Selain berinvestasi saya juga berhasil memenangkan lomba Zcoin yang diselenggarakan Internasional, Alhamdullilah kebetulan saya mendapatkan Juara dua dan berhak memperoleh 15 Zcoin. Jadi total Zcoin yang saya miliki kurang lebih 25,8 Zcoin


3. Mendapat keuntungan yang besar dari menjual Zcoin

        dengan munculnya teknologi Znode membuat orang beramai ramai membeli Zcoin dan pada saat itu saya dengan mudanya menjual seluruh Zcoin saya di harga 2 jt / kepingngya. Zcoin sayapun direbut banyak pembeli layaknya emak emak rebutan baju yang Diskon 98% haha . Saya akan memberikan sedikit bayangan seberapa untung saya menyimpan Zcoin ini. Ibarat saya dengan modal 950 rb membeli HP MITO. Saya simpan HP Mito tersebut dan ternyata HP MITO tersebut mempunyai teknologi super (mungkin ibarat HP MITO bisa berbicara sendiri atau bisa terbang melayang haha). Dan HP MITO yang tadi saya simpen ditawar oleh seseorang dengan tawaran barter dengan sebuah mobil. Itulah Teknologi yang luar biasa dari Cryptocurrency

4. Menjadi Investor dan seorang cryptocurrency miner

       Setelah sukses menjual Zcoin diharga yang tinggi sayapun membikin rencana baru. Saya membagi 70% uang saya diinvestkan ke cryptocurrency Ripple dan 30% nya saya membuat Mining Rig (Komputer penambang Cryptocurrency). Mengapa saya memilih Ripple ? Ripple merupakan Cryptocurrency yang berkerjasam dengan berbagai pihak dibelahan di dunia untuk membangun teknologi blockchain dan kemajuan mata uang digital. Yang saya baca kerja sama Ripple ini antara lain dengan Bank Indonesia, Pemerintah Arab saudi dan beberapa negara yang mendukung adanya cryptocurrency. Ripple juga sebuah cryptocurrency yang memili teknologi transfer keuangan tercepat dan murah.
          Saya juga sebagai miner dan saya menjadi seorang miner Bitcoin di Nicehash. Pendapatan yang saya peroleh dari miner kurang lebih mencapai 50 - 180 rb per/hari.


5. Kecaman dari Pemerintah dan Banker dunia, Cryptocurrency melemah

          Melihat perkembangan cryptocurrency yang begitu pesat  membuat para petinggi petinggi dunia geram. Karena Cryptocurrency ini dinilai dapat menghancurkan perekonomian dunia, mempermudah jalur kejahatan dan mempermudah jalur transaksi terorisme. Hal tersebut dibuat menjadi alasan oleh pemerintah dari berbagai dunia untuk menghentikan dan menstop peredaran Bitcoin dan teman temannya. Pada awal febuari 2018 adalah masa dimana cryptocurrency dapat dikatakan terpojok dan melemah akibat regulasi yang dibuat oleh para Banker dan Pemerintah Amerika Serikat. beberapa bank di Amerika bahkan melarang pembelian Cryptocurrency mengugnakan kartu kredit milik bank di Amerika tersebut. Namun para penggemar Cryptocurrency tetap berjuang dan tidak gentar dengan kecaman kecaman yang dilakukan berbagai pemerintah dunia tersebut. Karena Cryptocurrency ini akan menjadi sebuah teknologi keuangan masa depan yang sangat baik.

Semoga informasi ini dapat membantu termakasih telah membaca :)

(Andidotkom)